Berita

Kemenag BU; Sosialisasi Dan Dialog Forum Kerukunan Umat Beragama Bengkulu Utara

Kamis, 29 Agustus 2024 09:22 WIB
  • Share this on:

Bengkulu Utara ( Humas ) Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Bengkulu Utara menggelar sosialisasi pedoman pemerintah daerah dalam pemeliharaan kerukunan umat beragama di Balai Desa Rama Agung Argamakmur, Selasa (27/8/2024)

Di buka secara resmi oleh Ka. subbag TU Kemenag BU Samsir Alamsa, M.Ag, mewakili Kepala Kantor Kemenag BU Dr. H. Nopian Gustari, S.Pd.I.M.Pd.I. Acara ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman mengenai peran pemerintah daerah dalam memperkuat kerukunan antar umat beragama, sesuai dengan Peraturan Bersama Menteri Agama dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) No. 9 dan 8 Tahun 2006.

Kegiatan kali ini mengusung tema " Peran Umat Beragama Dalam Bingkai Kerukunan Untuk Mewujudkan Keharmonisan Antar Umat Beragama "

Pada kesempatan ini Ketua FKUB  Bengkulu Utara H. Damami AM, SH menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan mendorong partisipasi masyarakat dalam mendukung peraturan tersebut, demi mewujudkan kesejahteraan sosial di tengah-tengah masyarakat. "Melalui kegiatan ini kita bisa lebih memahami keberagaman dan toleransi. Dari situ kita bisa membangun masyarakat yang harmonis tanpa memandang latar belakang agama dan suku," ungkapnya.

Selanjutnya Samsir Alamasa  menyampaikan"  pada sosialisasi ini kita bicara tentang peran kita semua sebagai umat beragama untuk menciptakan keharmonisan antar umat beragama khususnya di kabupaten Bengkulu Utara ini, pentingnya toleransi dalam kehidupan sehari-hari bahwa kerukunan ini sangat perlu untuk di jaga dan dilestarikan "Jangan sampai adanya persoalan individu merambah hingga ke permasalahan suku, ras, dan agama. Mari kita ambil peran dalam menjaga kerukunan," pesannya.

sementara itu mewakili dari Kesbangpol Sadly Riyanto Simanjuntak, SE, mengatakan " bicara tentang resep bagaimana menciptakan kerukunan, yang pertama itu dari diri kita sendiri, dan  bagiaman cara kita menciptakan keharmonisan antar umat beragama tentunya,dimanapun kita berada, tidak ada namanya saling membeda-bedakan, dan juga saling menghormati satu sama lain " jelasnya

Di akhir acara di adakan dialog yang membahas tentang bagaimana dan seperti apa kita harus mengatasi permasalahan dan kemajuan FKUB untuk ke depannya untuk lebih aktif lagi, di lanjutkan dengan photo bersama.

Acara ini dihadiri oleh FKUB Kabupaten Bengkulu Utara, tokoh agama, tokoh masyarakat, Sekretaris Kesbangpol, Kepela Desa Rama Agung,Majelis Agama, perwakilan dari instansi vertikal, dan Ormas Keagamaan di Kabupaten Bengkulu Utara. 

 

Editor:
Yeni Putri Yanti
Kontributor:
Humas Kemenag BU
Penulis:
Yeni Putri Yanti

Kalender

September 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • Kepala Kemenag Bengkulu Utara, Dr. H. Nopian Gustari mengikuti Upacara Pembukaan Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II di Jakarta, Senin(15/7/24).
  • Kepala Kemenag Bengkulu Utara, Dr. H. Nopian Gustari, melakukan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Gedung PLHUT, Senin(24/6/24).
  • Kepala Kemenag Bengkulu Utara, Dr. H. Nopian Gustari, Gelar Rapat Koordinasi penyambutan Jamaah Haji,di ruang rapat Sekda, Senin (24/6/24).
  • Kepala Kemenag Bengkulu Utara, Dr. H. Nopian Gustari, lakukan penyembelihan hewan Qurban ASN Kemenag, Rabu(19/6/24).
  • Penutupan MTQ Tingkat Provinsi Bengkulu ke-XXXVI di Kabupaten Bengkulu Utara, Minggu(09/06/24).