Berita

Evaluasi PMPZI 2022, Ka.KanKemenag Bengkulu Utara “2023 Harus Lebih Baik Lagi”

Jumat, 30 Desember 2022 10:01 WIB
  • Share this on:

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bengkulu Utara, Drs. H. Ajamalus, M.H melakukan evaluasi terhadap Aplikasi Penilaian Mandiri Pembangunan Zona Integritas (PMPZI) di jajaran Kementerian Agama Kabupaten Bengkulu Utara, Jum’at, 30 Desember 2022.

Evaluasi PMPZ dilaksanakan di ruang KerjaKepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bengkulu Utara dengan dihadiri oleh Koordinator dan operator Aplikasi PMPZI.

Dalam Evaluasi tersebut, H. Ajamalus mengatakan bahwa Aplikasi Penilaian Mandiri Pembangunan Zona Integritas (PMPZI) merupakan instrument penilaian kemajuan pelaksanaan pembangunan zona integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) yang dilakukan secara mandiri (self assessment) di lingkungan Kementerian Agama.

Lebih Lanjut dikatakan H. Ajamalus dalam Penilaian Mandiri Pembangunan Zona Integritas mencakup penilaian terhadap dua komponen: Pengungkit (Enablers) dan Hasil (Results). Pengungkit adalah seluruh upaya yang dilakukan Kementerian Agama dalam menjalankan fungsinya, sedangkan Hasil adalah kinerja yang diperoleh dari komponen pengungkit.Hubungan sebab-akibat antara komponen pengungkit dan komponen hasil dapat mewujudkan proses perbaikan bagi Kementerian Agama melalui inovasi  dan pembelajaran, dimana proses perbaikan ini akan meningkatkan kinerja Kementerian Agama secara berkelanjutan. Komponen pengungkit sangat menentukan keberhasilan tugas Kementerian Agama, sedangkan komponen hasil berhubungan dengan kepuasan para pemangku kepentingan.

Kemudian H. Ajamalus mengatakan, sepanjang Tahun 2022 ini kita diberikan kesempatan oleh pimpinan kita untuk mempersiapkan pembangunan zona integritas pada tahun 2022, untuk itu dirinya berharap kepada tim PMPZI agar dapat bersama sama berkolaborasi dalam mepersiapkan segala hal dan sesuatunya.

Dalam kesempatan tersebut juga, H. Ajamalus mengucapkan terimakasih kepada seluruh tim PMPZI yang sudah berkerja secara maksimal, meskipun pada saat ini capaian target PMPZI kita belum maksimal, namun upaya yang sudah dilakukan seluruh tim sudah lebih baik dari tahun sebelumnya.

“Terima kasih saya ucapkan kepada seluruh Tim dan juga Operator, yang telah berusaha secara maksimal, dan sudah mengalami peningkatan secara signifikan dibanding Tahun sebelumnya, meskipun belum memuaskan, namun jadikan ini sebagai motivasi bagi kita untuk kedepanya bisa lebih baik lagi” Ucapnya.

Terakhir H. Ajamalus berharap kepada seluruh tim dan operator kerja sama dan Komitmen dari semua Tim PMPZI untuk membangun Zona Integritas pada tahun 2023 yang lebih baik, tentunya nanti saya berharap kita di awal tahun 2023 melaksanakan atau melakukan evaluasi lagi terhadap sepanjang kegiatan tahun 2022 sehingga nanti yang sudah bagus kita pertahankan yang masih belum bagus kita tingkatkan sehingga pada akhir tahun 2023 nanti kita akan memperoleh hasil yang maksimal.

Editor:
Darita Wati
Penulis:
Darita, S.IP

Kalender

Mei 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • Pelepasan siswa siswi MA Tarbiyah Islamiyah Kerkap, dihadiri langsung Kepala Kemenag Bengkulu Utara, Dr. H. Nopian Gustari, S.Pd.I.,M.Pd.I, Selasa, 7 Mei 2024.
  • Ekspos Persiapan Pelaksanaan MTQ XXXVI Tingkat Provinsi Bengkulu Tahun 2024 di Ruang Command Center Setda Kab. Bengkulu Utara, Selasa, 30 April 2024
  • Pembinaan Penyuluh Agama Islam, di Aula Sakinah, dihadiri oleh Kabid Urais & Binsyar Kanwil Prov. Bengkulu dan Kepala Kemenag Kab. Bengkulu Utara, Dr. H. Nopian Gustari, S.Pd.I.,M.Pd.I (30/4)
  • Pelepasan Siswa/i MAN 1 Bengkulu Utara, dihadiri langsung oleh Kepala Kemenag Bengkulu Utara, Selasa, 30 April 2024, bertempat di MAN 1 Bengkulu Utara.
  • Manasik Haji 2024, dibuka oleh Kakankemenag Bengkulu Utara dan dihadiri Subdit Advokasi Haji Ditjen PHU Kemenag RI serta tim dari Bidang PHU Kanwil Bengkulu di Masjid Agung Baitul Makmur 23/4